Tutorial Cara Root dan Instal XRecovery SE Xperia X8

Kali ini saya akan share kembali bagaimana cara root sony ericsson xperia x8, sebelum proses root persiapkan dahulu bahan2nya:

Langkah2nya :

  1. Ekstrak file SOC  yang sudah anda donglot tadi. Ingat drivers x8 harus sudah terinstal yah.
  2. Buka/Klik file SOC exe-nya, itu lho yang icon androidnya.
  3. Sebelumnya centang usb debuging  pada ponsel, masuk setting-application-development-usb debugging
  4. Kl udah terbuka programnya SOC silahkan konekkan X8 anda menggunakan kabel data ke komputer.
  5. Nanti dilayar x8 ada notifikasi mount sd card, tekan back aja.
  6. Kembali ke program SOC, klik ROOT.
  7. Proses rooting akan berjalan kurang lebih 2-3menit sampai akan ada pemberitahuan “Device is Rooted!”
  8. Kl ga mau konek ato waiting for device ato rooting failed ato ada masalah lain, reboot komputer sama x8 anda.
  9. Selamat x8 anda sudah ter-root dengan baik.

Itu tadi cara rooting, sekarang menginjak ke acara selanjutnya yaitu instal x recovey. Hmm..sebenernya buat apa sih kudu instal x recovey ? OK..saya jelaskan dikit buat apa itu x recovey.

X Recovey ini berguna untuk mengembalikan data, ya iyalah namanya kan recovery. Data disini yang dimaksud adalah OS alias Android yang sudah diback up. Jadi kalo kita instal ROM terus error ga mau nyala ato booting gagal maka kita tinggal aja recovery. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk gonta-ganti pasangan ROM Android.  Udah taukan fungsi aplkasi ini. Terus bagaimana cara instal di Androidnya.

Cara Instal X Recovery x8

  1. X8 Udah ter-Root
  2. Ekstrak file x Recovery terus copy ke Micro Sd X8
  3. Instal Root Explorer diatas di X8
  4. Buka Root Explorer kemudian cari file X Recovery tadi  copy-kan semua ke dalam folder system-bin
  5. Pastikan pada atas aksesnya dignti jadi R/W dari R/O
  6. Ubah permision ketiga file tadi dengan cara klik tahan pada file yang mau diganti permisionnya, centang semua.
  7. Selamat x8 anda telah terinstal X Recovery dengan selamat..

Untuk dapat masuk ke aplikasi x recovery silahkan restart ponsel anda kemudian saat tulisan Sony Ericsson muncul silahkan pencet berulang2 tombol back, nanti akan ada beberapa pilihan. Huftt…selesai juga sharing tentang bagaimana root dan instal recovery. Untuk bagaimana cara ganti Androidnya ke Gingerbread ato Froyo atau yang lain nantikan di episode berikutnya..

 

Credit to Budlay O’oy

Untuk agan-agan apabila masih bingung atau ragu dengan cara ini bisa bertanya langsung dg saya di http://www.facebook.com/groups/serbaserbiandroid/