Cara Memindahkan Applikasi ke Ext Sd Card dengan Link2Sd

Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara memindahkan applikasi yang terinstal di system ke external sd card. Banyak cara untuk tutorial ini ada yang menggunakan app2sd, atau link2sd.

Tetapi cara yang akan saya share pada postingan ini adalah menggunakan applikasi link2sd, dimana sebelum applikasi di pindahkan terlebih dahulu external sd card mesti di partisi menggunakan format ext2. (untuk tutorial partisi sd card bisa lihat disini)

Berikut Tutorial Cara Memindahkan Applikasi ke Ext Sd Card dengan Link2Sd

1. Buka Applikasi Link2SD dan Pilih applikasi atau game yang akan di pindahkan (contoh: Samurai II Vengeance)

2. Pilih Menu Membuat Link

3. Centang semua pilihan yang ada lalu OK

4. Biarkan applikasi proses hingga selesai, dan muncul tulisan terlink Sd Card pada applikasi / game yang sudah di pindahkan.

Selamat proses memindahkan applikasi dari system ke external sd card sudah selesai, dan untuk mengeceknya pilih menu, info penyimpanan.

Catatan:

Untuk media penyimpanan dengan metode ini applikasi yang di pindahkan hanya tersimpan ke external sd card yang sudah di partisi dengan format ext2 dan tidak tercampur dengan external sd card yang memakai format FAT32.

Untuk mempercepat loading applikasi / game yang sudah dipindahkan ke external sd card sebaiknya agan instal applikasi Sd Booster yang bisa agan sedot Disini

Demikian sharing dari saya semoga bermanfaat. dan untuk agan yang belum punya Link2sd bisa sedot Disini

Apabila ada yg mau ditanyakan bisa hubungi Admin DISINI agar bisa lebih fast respon

55 responses to “Cara Memindahkan Applikasi ke Ext Sd Card dengan Link2Sd

  1. untuk mengembalikan file yg udah di backup ke komputer gimana Bang …. apa mesti milih2 filenya trus di partisi mana aja letakan tu file…..mkasih infonya

  2. gan mau nanya, hp gw samsung galaxy W, udah gw root berhasil, tapi kenapa aplikasi ttp terinstal di penyimpanan usb nya padahal udah gw pindahin ke external sd cardnya, mohon pencerahanya

    • agan install app link2sd, nanti di set auto jadi pada saat agan install applikasi link2sd secara otomatis akan memindahkan ke ex sd card

  3. gan kenapa g bisa dipartisi ya..

    ane udah ikutin langkah yang agan tulis..

    tapi pas di apply kok partisinya g jadi…

    partisinya malah balik jadi satu..

    ukurannya g berubah/berkurang…

    tulungin ane gan…

  4. gan sd gue udh gue partisi ni.udh download juga link2 sdnya.tp minta di allow kalo superuser muncul.nah mslh ane adalah.superusernya nggak muncul muncul gan.
    tolong infonya gan

  5. saya mw tanya, sd card sy belom dipartisi, tp sy langsung pake app2sd bwt mindahin appnya, tp semua appnya udh dipindah ke sd card knpa internal memory masih tetap penuh? jadi setiap saya install/update app internal memory berkurang trs padahal udh di sd card.. mohon bantuannya

  6. app2sd hanya memindahkan applikasi yg terinstall dari memory system ke internal sdcard.
    link2sd berfungsi memindahkan applikasi yg terinstall dari memory system ke eksternal sdcard yg sudah di partisi dg format ext2/3/4.

  7. Salam kenal…artikelnya bagus-bagus, dan sangat membantuku… :)
    Hpku galaxy y duos, gak di root.

    Aku mau share pengalaman aja…sapa tau bermanfaat :)

    Aku udah coba Link2Sd, dan emang berhasil…, meski hanya beberapa aplikasi aja. Tetapi karena penasaran sy coba hal lain, meski tanpa Link2Sd / App2Sd / yang lainnya, aplikasi yg sy download tetap bisa dipindah (ga pake aplikasi Link2Sd/App2Sd), tapi dengan catatan SD Card.nya harus di partisi dulu (SD card.ku dipartisi tiga), dan aplikasi yg didownload emang dirancang untuk dapat dipindahkan ke SD Card…
    Trus, kalau mau tau aplikasi tsb bisa dimodif ke CD Card atau gak, bisa dilihat di “Permissions”.nya, trus di “Storage”.nya ada keterangan gini :
    modify/delete USB storage contents modify/delete SD card contents
    Allows the app to write to the USB storage. Allows the app to write to the SD card.
    Naah, jadi ketahuan aplikasinya emang dibuat untuk di instal di SD Card, kalo ga ada tulisan kyk gitu, brarti pasti instalannya masuk di HP he he he jadi mau ga mau yaa harus di Root… :)

    Salam…

  8. q sdh pkai superuser dan link2sd(di memori 4gb),tapi wkt hp q update,error melulu,akhirnya q update pkai memori yg 2gb(gak ada superuser dan link2sd) dgn catatan semua apk udah q link di memori yg 4gb. update sukses makai memori yg 2gb tapi wktu q pkai memori yg 4gb,smua apk yg q link kok gak muncul gan,pdhal q lht property di ext2(tempat apk) memori kepkai tapi kok gak muncul apk wktu saya buka di link2sd. mohon penjelasannya gan…udah pusing ni gan

    • 1. Saya tidak tahu anda update apa dan bagaimana cara anda updatenya ?
      2. Anda melakukan cara yang salah karena semua data anda sudah tersimpan di sdcard 4gb yg berformat ext2. Pada saat anda sukses update dg yg 2gb perangkat anda otomatis mereset ulang dan membaca sdcard 2gb itu yg menyebabkan data yg di 4gb tidak mau kembali lagi.

  9. gan kan ane mau cetang tiga tiga nya,eh yang paling bawah ga bisa,dibawah cetang nya ada tulisan di tanda kurung (no lib files)
    tolong gan bantuannya

  10. udah aku partisi trus aku make link2sd, pas aku liat info penyimpanannya, partisi keduanya nggak terdeteksi. gimana tu?

  11. pagi bos.. ada yg mau saya tanyakan niih…
    1. sebelum melakukan tehnik rooting pada hp SGW GT8150, langkah apa saja yg perlu di lakukan dan diperhatikan.
    2. bisa tdk kita membackup settingan SGW kita ke default factory setting ( bawaan pabrikan), jd jika terjadi kegagalan pada saat rooting kita bisa restore kembali ke mode default pabrikan.
    3. lalu bagaimana melakukan proses unrooting itu sendiri dan bagaimana langkah2nya.

    mohon penjelasannya.
    terima kasih

    • 1. Siapkan bahan2nya gan baca disini http://ipoenkbcrt.wordpress.com/2012/08/27/tutorial-cara-root-samsung-galaxy-w/
      2. Gagal root itu ibarat kita menginstal applikasi tapi applikasi itu tidak dapat terinstall ke hp, jadi intinya gagal root tidak merusak / merubah settingan pabrik. Kecuali gagal flashing.
      3. Untuk proses unroot saya belum buatkan tutorialnya gan tapi saya akan berikan link tutorial unroot galaxy w disini http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1317394

      • makasih gan.. atas infonya..
        dan ane udh coba mengikuti tutor dan prosedur yg ada..n..

        BINGGO…!!!

        Berhasil gan.. HH SGW ane udh ke rooting,
        tapi yg jadi pertanyaan sekarang adalah :

        1. ane punya SD card yg 16GB class 10, trus udh di format mjd 3 bagian
        menggunakan easeus partition master v9. sbb:
        a. partisi yg pertama 12,20GB diset primary fat32.
        b. partisi yg kedua 1,46GB diset primary fat ext2.
        c. dan yg ketiga sisanya 1,26GB diset primary jg fat ext2.

        2. apakah fungi dari masing2 ketiga partisi tersebut.. jika kita ingin external
        SDCard nya dijadikan sebagai internal SDCard?

        3. perlukah fat ext2 dibuat mjd 2..? dan bagaimana jika fat ext2 nya cukup 1 saja..,
        dan apa pengaruhnya buat HH kita?

        4. perlukah kita menggunakan SDCard Booster.. walaupun SDCard nya udh
        class 10..?

        Mohon informasinya Gan..?
        dan sorry kalau banyak bertanya.. hehehe..
        pokoke..

        Sukses Selalu Buat Agan…

        Salam,

  12. gan help me gan.saya pengguna galaxy wonder gan.dan udah di root.beberapa hari yang lalu saya melakukan factory reset.setelah proses selesai tiba tiba muncul notif seperti ini “maaf.proses com.android.phone telah terhenti tanpa di duga.harap coba lagi.(paksa tutup).itu kenapa ya gan.apa penyebab nya.dan bagaimana solusi nya.mohon bantuan nyagan.sebelum nya terima kasih ya gan :D

    • Ada system di galaW agan yg terganggu akibat factory reset gan. Solusinya flashing ulang ke stock ROM via odin.
      Tutornya ada gan tinggal ikutin aj.

  13. misi gan.. mau tanya nii..
    ad sedikit problem nii..?? jad gni gan ane dah root hh, dan sd card udah di partisi jadi fat32..
    nah.. pas ane mo pindah terling->sdcard maah yang muncul “mkdir failed for/data/sdext2/data,l/0 error.. padahal linksd sudah formatan ext2 dan create link”a dan ane centank semua..
    mohon pencerahannya gan..??

  14. Galaxy w udah diroot dan sd card juga udah dipartisi ke fat32/ext3/linux swap.pake link to sd tapi kenapa game tetap gak bisa di pindah ke eksternal sd masih tetap dipenyimpanan usb, padahal udah ikutin cara yang di intruksikan.

  15. gan sy sudah berhasil partisi , SD card yg 16GB trus udh di format mjd 3 bagian
    a. partisi yg pertama 14GB diset primary fat32.
    b. partisi yg kedua 1,GB diset primary fat ext4
    c. dan yg ketiga sisanya 170 mb diset primary swab linuk.
    pas sy coba klik link 2sd muncul pilihan sy pilih ext 4 lalu sy ok muncul : memasang script salah
    memasang script tidak dapat dibuat mount; No such device.
    tolong dilasih penjelasan gan ?

Leave a Reply

