Tutorial Cara Partisi External Sd Card Pada Android

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai bagaimana cara partisi external sd card pada android.

Dengan terbatasnya media penyimpanan internal pada smartphone android maka dengan mempartisi external sd card sangat bermanfaat sekali fungsinya, karena dengan mempartisi external sd card kita dapat memanage memory yang ada pada smartphone android yang kita miliki, yaitu seperti :

  • Memindahkan applikasi yang terinstal di memory internal ke external memory tanpa tercampur dengan file yang lain (terpisah).
  • Menghemat pemakaian memory internal.

Banyak cara untuk mempartisi external sd card, tapi cara yang saya lakukan terbilang cukup mudah dan tidak rumit karena cara yang saya pakai yaitu dengan memakai software mini tool partition dan software EaseUS Partition Master.

Langsung saja kita praktekan cara partisi sd card dengan memakai memori external 8gb. Sebelumnya backup dahulu datanya sebelum di partisi ke PC karena seluruh data yang ada di memory akan di hapus.

  • Hubungkan memory anda ke PC.
  • Install softrware mini tool partition atau software EaseUS Partition Master pada PC anda, apabila belum ada anda bisa download Disini untuk mini tool partition atau Disini untuk EaseUS Partition Master.
  • Setelah di instal buka softwarenya dan mulai partisi sd card.

1. Partisi dengan Mini Tool

Partisi yang pertama kita lakukan dengan format FAT32 yang berfungsi untuk menyimpan data seperti: File Office, JPG, MP3, 3GP, MP4, dll. Caranya yaitu:

Klick kanan memori yang akan di partisi dan klick delete all partition.

Screen Shoot:

4. Setelah di delete klick kanan kembali memory yang telah didelete dengan lambang bintang ( * ) lalu klick create.

Screen Shoot:

5. Lalu akan muncul windows Create New Partition

Create AS : Di isi Primary

File System : Di isi FAT32

Size and location adalah jumlah kapasitas memory yang akan di berikan pada format FAT32, pada tutorial ini saya memberikan nilai 6gb.

Lalu klick OK.

6. Untuk partisi yang ke-2 dan ke-3 caranya sama dengan yang pertama tetapi menggunakan format yang berbeda. Yaitu:

7. Partisi ke-2 dengan format ext2: yang berfungsi untuk memindahkan data-data aplikasi yang terinstal di memory system ke external sd card. disini saya memberikan nilai 700mb.

Partisi ke-3 dengan format Linux Swap yaitu sisa dari partisi ke-2 digunakan untuk membantu kerja RAM. dan biasanya partition swap dibuat sebesar 2 kali besar RAM.

8. Lalu Klick Apply pada pojok kiri atas dan biarkan program berjalan untuk proses partisi sampai muncul windows Sucessfully lalu klick OK.

2. Partisi dengan EaseUS Partition Master

Untuk partisi menggunakan software ini caranya hampir sama dengan mini tool partition hanya ada perbedaan di tampilan menu dan windowsnya saja.

Dan untuk cara memindahkan applikasi yg terinstal di memory system ke external sd card yaitu menggunakan applikasi LINK2SD. Untuk tutorialnya bisa lihat  Disini

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Apbila ingin bertanya bisa langsung bertanya dengan admin disini

190 responses to “Tutorial Cara Partisi External Sd Card Pada Android

    • Tergantung kebutuhan jg gan, untuk format linux swap idealnya 2x dari besar ram hp kita, dan untuk format EXT2 lebih baik di kasih 500mb ~ 1gb dan sisanya format FAT32.

    • Maksudnya sisa space external sd card dari proses partisi yg pertama di partisi kembali. contoh: sd card 8gb
      1.Di partisi dg format FAT32 di kasih ruang 6gb, berarti sisanya 2gb.
      2.Sisanya 2gb, di partisi kembali dg format ext2 di kasih ruang 1gb, Sisanya tinggal 1gb.
      3.Sisa hasil partisi terakhir di create lagi/di partisi kembali dengan format linux swap.
      Apply

      Begitu maksudnya gan. Jangan lupa kasih bintangnya yah gan kalo berhasil :D good luck

    • Owh maaf saya lupa mencantumkan paswordnya.
      Paswordnya: ipoenkbcrt.wordpress.com

    • linux swap boleh di pakai boleh tidak, tetapi apabila ext agan besar lebih baik dipakai karena linux swap dapat mengurangi lag.

  1. partisi sedang berjalan gan,,kmudian apabila sukses,bagaimana mengetahui hasil partisi tersebut di dalam hp android..tq

    • agan sudah sukses partisi pa belom yah ? kalau sudah install link2sd, saya sudah share tuh cara memindahkan app dg link2sd di situ ada cara mengeceknya.

  2. lancar terkendali gan….
    tp ada msalh dikit ni,,, klo hpnya dismbungkan ke PC ko ga konek alias ga ke baca diPC seperti biasanya.,,.
    tolong bantuanya gan

  3. help gan, saya sudah ikuti tutorialnya, tapi memory malah gak ke detect sama sekali. di hp maupun pc, gmn nih. ?

  4. aq baca di blog sebelah utk fat32 di set primary sdangkan ext2/3/4 harus di set logical bkn primary jd yg benar yg mana neh gan?, bedanya apa bila di set primary/logical?.

  5. gan kok di link2sdnya ada tulisan second partition not found dan tdk bsa create link setelah partisi?

  6. MASTER aku mau tnya detail maaf ganggu MASTER

    HP : SE X8
    ROOT : OK
    Xrecovery : OK
    SD : Class 10 16GB

    Problem yang terdeteksi hanya partisi FAT 32 ,Swamp + ext2,3,4 gak detec

    Help me master ^^

    • gak ada gan, cuma pada saat agan install aplikasi, apknya masuk ke internal memory bukan ke external sd card :D

  7. makasih gan atas tutornya, ane udh berhasil ngepartisi android dan sdh memakai Link2Sd
    yg ane mw tny cara ngecek partisi ext2 dan linux swamp di android gmn gan?
    android yg ane pake advan T2i icecream dgn external SD 8GB partisinya 4,5GB FAT32, 2GB ext2, 800MB linux swamp
    makasih byk atas jawabannya

  8. kalau sudah di partisi, pada saat instal aplikasi langsung terinstal di sd card yah?

  9. mantap bung ipunk … saya ijin bookmark blog nya yaak.. sepertinya bung ipung tau byk ttg android yg cara kerjanya sperti linux he he

  10. waaah pastisinya berhasil bung, tapi saya lupa kalo mmc yg mau dipartisi tadi bakal hilang datanya .. he he bukan kah demikian ?

    • so pasti data hilang semua gan, justru itu disarankan sebelum partisi agan mesti backup data agan semuanya

  11. satu pertanyaan lagi bung ipunk : kenapa setelah di partisi, ketika backup data via CWM jadi lambat, adakah trik dan tips yg bisa digunakan ? tq

    • semakin besar data yang akan di backup memang semakin lambat gan, justru itu disarankan apabila ingin backup data via CWM battery mesti full 100%

  12. .maf gan y.

    ni udah tak partisi tp k waktu buka link2sd membuat script salah???itu gmn gan???

    trus kan tak batalin tu karena gagal membuat scriptnya.saya link kok g bisa?apa pngaruh tu?

  13. partisi sdh dibuat dan berhasil tetapi link2sd di pindahkan kenapa tdk bs pindah app ke ext memory yg terpindah tetap ke internal sd

  14. agan, saya bertanya.
    sekarang hape saya belum saya root, sudah menggunakan Link2sd dengan 4gb sdcard nya.

    pertanyaannya:
    saya rencana beli 16GB SD, bagaimana memindah file app yang sekarang sudah ada di 4GB ke 16 GB ?

    • kalau datanya agan cukup copy paste saja dari 4gb ke 16gb, tapi untuk applikasi ya musti di install lagi gan

  15. gan , klo mau partisi memory card 32 partisi yg sesuai brp gan ?? maksimal partisi bwt ext2/3/4 brp alokasinya gan ,, ..
    trus ane dah partisi koq yg ke detect pc malah ext2 ajh gan ,, dan disuruh format windows ,, dan besarnya cma 4gb

  16. gan, linux swap itu kan bisa ngebantu kerja ram, trus cara kerja linux swap tuh gmana ya kok jd bisa ngebantu ram gitu?
    sebelumnya tks gan, berhasil nih!

  17. saya uda partisi sdcard nya gan sesuai tutor diatas tapi koq masih sering memori penuh da ada beberapa app yg gk bisa di pindah sedang app yg bisa di pindah koq masuknya juga di fat32 karna setiap pindahin app pasti memory yg fat32 berkurang jadi fungsi ext2 ini apa y gan?

    • agan musti install applikasi link2sd, nanti applikasi yg terinstall secara otomatis akan di pindahkan oleh link2sd ke external sd card yg berformat ext2

  18. agan sya mau coba partisi memori 16 gb saya .. bisa gak datanya cuma d backtup pake titanium backup , tros misalnya dah kelar partisi ,, cara balikin data dari titaniumnya gmana yah ?? kan ud terformat memorynya …

    • bisa gan, copy folder titaniumbackup yg ada di sd card ke pc setelah partisi selesai kembalikan lagi folder TB ke sd card lalu agan install kembali TBnya dan restore.
      Untuk lebih aman lebih baik agan backup semua data yg ada di ext sd card ke PC, setelah partisi selesai agan kembalikan lagi se ext sdcard.
      Cara seperti ini lebih aman gan.

      • Breuw mn nny2 niee… hp ane x8 baikny dksh sd brapa gg?? Kl 4g ckup unt partisi g???link unt ngrootny mn??

  19. mas,,udah berulang-ulang partisi,,trus udah juga berulang-ulang install unistall link2sdyaudah ngikutin smua petunjuknya,,
    ,,ttp aja ada tulisan
    “memasang sricpt salah
    memasang script tidak dapat dibuat
    mount: No such device
    ext2 kemungkinan tidak cocok.
    coba FAT 32 untuk partisi ke 2″

    gmna neh mas??

  20. gan yg mau ditambah kan internalnya ? itu yg partisi yg mana yg pertama apa yg partisi yg kedua yg menambah buat internalnya

    • Partisi eksternal sdcard fungsinya untuk memindahkan applikasi yg terinstal pada internal memory ke eksternak memory Bukan untuk menambah memory internal.

      • oh gitu ? itu yg fungsi buat pindahin yg mana gan yg partisi 1 apa 2, terus btuh root ndak seh klau mau pakai cara ini, kalau micro ane 16 giga lebih baik berapa pembagian per partisinya

          • gan klau cman root aja tanpa ingin custom room atau hapus app bawaan ndak pengaruhkan ya gan sama peform hpnya ? trus kalau mau lihat hasil dari partisinya dihp gmana gan ? dia bahkan buat drive terpisah apa gabung sama kapasitas internalnya ?

  21. thanx wat info’y

    ane mu nnya ni gan
    klu tuk hp lg optimus one yg udh di upgrade ke ginger bread 2.3.3 to cara rootnya gmna ya??? supaya bisa ane pke ngejalanin link2sd nya….
    solnya partisinya dah berhasil ni

    thanx gan

    • gan partisi yg ke 2 sama 3 create as dibuat apa primary apa logical ? ane udah ikutin langkah agan di atas memory ane 16giga ? partisi 1 create as primary file system fat32 terus yg partisi 2 sama 3 create as ane kasih primary ? tapi yg terjadi waktu ane masukin ke hp malah terbaca blank external,

      • Untuk fat32, ext2, dan linux swap Create As diisi Primary. Kalau diisi logical nanti sdcard tidak terbaca di Hp.

  22. mau nanya nih gan, pas di jalanin link2sd kemudian ada pilihan, saya pilih fat32. tapi keluar pesan “mount script error. mount script cannot be created. mount:invalid argument”

    • Fungsi link2sd untuk memindahkan applikasi yg terinstall di internal ke external sdcard yg berformat ext2/3/4

  23. gan..mau nanya nich…kalo buat partisi ke-2 (buat memindahkan data-data aplikasi yang terinstal di memory system ke external sd card) kapasitas maximalx berapa gan…????
    trus partisi ke-3 format Linux Swap ( untuk membantu kerja RAM ), juga kapasitas maksx berapa…????
    trus lagi apa beda ext 2, ext 3, dan ext 4 gan….??? bagusnya pake yg mana nich..???
    maap kebanyakan nanya gan….hehehhehhe
    mohon bantuanx….!!!

    • Bagusnya 1 ~ 1.5mb.
      Untuk linux swap 2 x RAM Misal RAM 512 Berarti untuk linux swap diisi 1,2gb, dan sisanya untuk FAT32.
      Note: Kalau memory external hanya 2gb disarankan linux swap tidak usah dipakai.
      Ext2,3,4 sebenarnya tidak ada perbedaan. kalau nanti ext2 tidak kedeteck di HH berarti mesti diganti dengan ext3/4

  24. Gan ane punya masalah yang sama

    mas,,udah berulang-ulang partisi,,trus udah juga berulang-ulang install unistall link2sdyaudah ngikutin smua petunjuknya,,
    ,,ttp aja ada tulisan
    “memasang sricpt salah
    memasang script tidak dapat dibuat
    mount: No such device
    ext2 kemungkinan tidak cocok.
    coba FAT 32 untuk partisi ke 2″

    gmna neh mas??

    HP Ane Soner Experia X8
    Sudah root
    Sudah pake rocovery cmw
    ROM Ginggerdx.

    Thanks..

  25. banyak yang masalah di partisi ext 2/3/4 dan swap linux……pas di ling2sd problemnya kebanyakan sama sob………jadi lier sob n babaliud……capek deh

    • Saya sudah partisi 4sdcard punya saya sendiri dan teman saya ga ada masalah. Yg mesti diperhatikan yaitu pada saat pengisian create as.

  26. kalo tanpa link2sd bisa gak gan
    ane dah make custom rom n d situ sudah ada fasilitas mindahin app langsung k sd
    terima kasih sebelumnya

  27. udah diikutin 1per1 cara di atas gan, tpi pas memori ane pasang ke HH malah ada notificationnya “Blank Sdcard”.. itu gimana gan??

  28. gan mau tanya, low partisinya memori apa harus di lepas dri hp. ato bisa mgsg d partisi di hp ??
    tolong jawaban’a gan. cx newbe neeh !!!

  29. udah ane partisi gan, tp d hp gw yg kebaca cuma memory internal sama external doank.. lha memory ext2 ko g kebaca y gan?

    • memory ext2 kebacanya pakai applikasi Link2Sd, coba agan baca artikel saya cara memindahkan applikasi dg link2sd.

  30. Mas…begitu kita pindah/install applikasi ke sd card eksternal, file2 install-annya masuk kemana? apa dia akan masuk ke bagian partisi format ext2? kalo partisi ext2 dibikin besar dari format fat32 gmn? makasih

    • filenya masuk ke ext2, file instalankan kecil tidak besar satu applikasi saja paling besar hanya 5mb. Kalau saya sendriri max saya kasih 2gb.

  31. Oiya gan, waktu ane download minitool partition manager yg full version ko ga bisa?
    harus pake donate2 gtu..
    Yang bisa di download cuma versi demonya aja, jadi ane pake yang versi demo tapi ga bisa d apply gan :(
    Akhirnya ane pake EaseUs partition manager, terus ane cari2 format linuxswap buat partisi ke-3 ko ga ada y gan?

  32. gan saya memakai easeus tp kok linuk swapnya tidak ada ya…
    adany cuma fat.fat32.ntfs.ext2.ext3.unformated lha trus saya plih yg mn gan?

  33. aku pake x8 sudah partisi seperti diatas…tapi pas masuk link2sd gak bisa ada tulisan gak ada hak akses root…please helpme

  34. gan mw tanya. kalo partisi ke-3 nya sy besarin sampe 1GB gpp?
    SD card sy 16GB bagusnya pembagianya gmn ya gan? minta masukanya…thnx

  35. jika sudah di partisi..
    apakah boleh SD Card di lepas dari HP nya gan..??
    apakah itu tidak akan menghilangkan partisi tsb..??

    lalu bagaimana cara membaca SD card yg telah di partisi..??

    • Boleh gan. tidak gan partisi sifatnya permanent dan kalau mau dikembalikan keawal partisinya harus didelet lagi dg minitool. caranya menggunakan applikasi Link2Sd

      • gan…saya udah partisi memry 16gb saya pk mini tool,lancarjaya..sukse..hehe
        tapi klo saya instal aplkasi baru kok tetep masuk ke internal memory ya gan?
        partisi sy bagi 12gb fat32,1gb ext2,2gb linux swap..saya pke smartfren androtab,sfat udah saya adb,root..semua lancar,sukses…
        mohon pencerahannya gan,gmna caranya klo tiap instal apk baru lgsung masuk ke sdcard externalnya jgn ke internal memorynya..thanks gan

        • ĶåLªύ sudah sukses cara pindahin app Ŷªŋģ terinstal di internal Ķέ eksternal menggunakan app link2sd.

  36. gan kan gini..ane udah partipasi setelah partipasi ane masukin ke hp ane..buka linksd2 terus muncul pilihan ext 2,ext 3,ext 4 dll…cos ane pilih ext 2 soalnya waktu partipasi ane milih ntu…teruss.
    kan udah pilih ext 2 tuh..lalu disuruh ngerestart setelah direstart adalagi tulisan kayak tadi pilihlagi.. pas ane liat info penyimpanan partipasi 2 tidak terpasang..gimana tuh???

    • partisi udh sukses apa blum gan ? klo gak coba agan ulang partisinya pakai EaseUS Partition Master

  37. yang di backup termasuk semua aplikasii??

    minta sarannya untuk memori 4GB dong !!

    dan misalbya suatu saat nnti mau ganti memori dngan kapasitas tinggi bisa di pastisi lgi?? berpengaruh ke HP ngga??

    thankss ..

  38. gan ane mau nanya, HP ane SG Ace S-5830 udh diroot, udh dipartisi, memexternal 4 GB. 1 bulan pertama lancar, terus ane mau install game baru, pas ane install ada notif “memory getting full”, mau ane link datanya ke second partition failed, terus ane reboot.
    Nah mulai saat itu hp ane jadi banyak banget aplikasi yg crash pas di run, memory full terus padahal semua udh di link. Karena gatau mau ngapain ane pilih pilihan “clear dalvik cache” karena sizenya 60 MB.
    Gimana gan troubleshootnya? Bingung ane

    • notif “memory getting full” karena memory sudah penuh gan.
      Coba agan hapus app2 yg crash lalu partisi ulang eksternal agan biar fresh lagi.

  39. Gan mw nanya donk, awalx ane pernah salah partisi tuh dua-duanya pake format Fat32 dan wktu instal link2sdx ane contreng yg Fat32. Nah skrg ane dah partisi ulang yg pertama pke Fat32 yg k-2 ext2, trus yg k_3 linuxswap. Nah masalahx gmn cara ganti instalan d link2sdnya biar contreng ke ext2, soalx disini dibilang bahwa partisi ke-2 tidak ditemukan, padahal proses partisi dah berhasil. Gmn gan mohon bantuannya ?

  40. gan ane udah ngikut prosedur ente dari awal,tapi ane malah dapet masalah gan pertama sdcard ga kebaca di galaxy gio ane,yang kedua setelah di partisi tiba2 hp ada notif sdcard safe to remove,terus ga bisa disambungin ke PC. mohon pencerahanya gan ane bener2 stuck T.T

  41. eh udah jadi gan,tapi kok ext2nya habis hpnya di reboot terus ane jalanin link2sd gak kedetect terus ane masuk mini partition jadi ext3 gan bingung ane

  42. gan, ko software mini tool partition sekarang berbayar y? dan software EaseUS Partition Masternya jg gk bisa d download. mohon pencerahannya

  43. ext2 not mounted
    ext2 partition can not be mounted. make sure you create ext2 partition and have root access.
    gimana gan solusinya?punya saya keluar gitu melulu meski udah ganti2 dari ext2,3,4
    mohon jawabannya segera

  44. Gan.. saya sudah berhasil partisi di memori 8 gb dan pakai Link2sd Lancar jaya… Trims, sekarang rencananya mau ganti memori ke 32 gb, cara mindahin data/aplikasi yang ada di ext2 bagaimana..???? Trims

  45. misi gan.. mau tanya nii.. (SGW)
    ad sedikit problem nii..?? jad gni gan ane dah root hh, dan sd card udah di partisi jadi fat32 dan ext2
    nah.. pas ane mo pindah terlink->sdcard malah yang muncul “mkdir failed for/data/sdext2/data,l/0 error.. padahal linksd sudah formatan ext2 dan create link”a dan ane centank semua..
    mohon pencerahannya gan..??

  46. gan, saya sudah ngikuti tutorial agan, tapi hp galaxy y saya malah low memory terus, baru diinstal go launcer saja sudah low, ram juga gak nambah waktu sy cek di task manajer

    micro sd 4gb
    fat 32 = 2,9 gb
    ext = 600 mb
    swap = sisanya

    mohon pencerahannya gan

Comments are closed.